Media untuk berbagi tentang pengetahuan, olah raga, seni dan keunikan.

Saturday

On 2:54 PM by ariefhtk.blogspot.com in    No comments

Melanjutkan Belajar Gitar 1

Pada tingkatan ini akan menjawab pertanyaan berikut ini:
“Mas, untuk lagu ini suara saya kalau di nada dasar C kerendahan, bisakah kalau ditinggikan nada dasarnya ? misal di nada D ?”
Atau pertanyaan “ Untuk lagu ini suara saya kalau di nadai C tidak sampai mas, ketinggian, bisakah diturunkan ke yang lebih rendah misal ke nada G ?”
Saya yakin yang membaca blog ini pernah sekolah di SMP (Sekolah Menengah Pertama) atau kalau jaman sekarang kelas 7, 8, 9 (banyak ya)
Pernah dapat pelajaran tangga nada music kan yang do re mi itu …… ? nah dibawah ini adalah lengkapnya.



Ternyata jarak antara masing masing nada mempunyai nilai tertentu yaitu ada yang bernilai 1 dan ada yang bernilai ½
Pada tangga nada dengan nada dasar C atau “do (1) = C maka tangga nada menjadi:




Nah bagaimana kalau ada permintaan diatas yang suaranya minta dinaikkan dari nada dasar C ke nada dasar D atau “do (1) = D” ?
Ya kita buat saja tabel seperti diatas, tidak susah kok




Penjelasan:
Nada do ke nada re nilainya adalah 1
Pada do=C, jadi nada C ditambah nilai 1 = nada D
Pada do=D, jika nada D ditambah nilai 1 = nada E
Nada re ke nada mi nilainya adalah juga 1
Pada do=C, nada D ditambah nilai 1 = nada E
Pada do=D, nada E ditambah nilai 1 = nada F# (karena aslinya pada do = C, nilai dari E ke F adalah ½, jadi kalau E ditambah nilai 1 maka jadi F#)
Nada mi ke nada fa nilainya adalah ½
Pada do=C, nada E ditambah ½  = nada F
Pada do=D, nada F# ditambah ½ = nada G
Demikian seterusnya, sehingga chord pada lingkaran chord C diatas dirubah ke nada dasar D menjadi sbb:
Nada dasar C (do=C)

Nada dasar D (do=D)
C
=
D
F
=
G
G
=
A
Am
=
Bm
Dm
=
Em
E
=
F#
G7
=
A7
Em
=
F#m

Sehingga chord contoh lagu diatas menjadi:
Chord dan lirik Wali Baik baik sayang

Do = D

Intro  Bm F#m G D G D A

D        F#m     Bm        F#m
Aku tak ingin kau menangis bersedih
  G        D      A
Sudahi air mata darimu
D        F#m    Bm        F#m
Yang aku ingin arti hadir diriku
    G           D      A
kan menghapus dukamu sayang

       G   A     D         Bm
Karena bagiku kau kehormatanku
      Em           A
Dengarkan dengakan aku

Chorus
  Bm         F#m    G          D
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  G         D        Em      A
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Bm        F#m     G           D
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  G         D          Em      A
Baik baik sayang karna aku untukmu


D        F#m    Bm       F#m
Semua keinginan akan aku lakukan
  G         D      A
Sekuat semampuku sayang
     
       G   A      D         Bm
Karena bagiku kau kehormatanku
      Em           A
Dengarkan dengakan aku

Chorus
  Bm         F#m    G          D
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  G         D        Em      A
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Bm        F#m     G           D
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  G         D          Em      A
Baik baik sayang karna aku untukmu

Interlude Bm G A D
            Bm G A

Chorus
  Bm         F#m    G          D
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  G         D        Em      A
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Bm        F#m     G           D
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  G         D          Em      A
Baik baik sayang karna aku untukmu

Outro  D


Berikut ini adalah untuk menjawab permintaan perubahan nada dasar C turun ke G karena pada nada dasar C penyanyinya merasa ketinggian, sehingga suara penyanyi tidak sampai dan minta diturunkan nada dasarnya.


Maka lingkaran chord dengan nada dasar C dirubah menjadi lingkarang chord dengan nada dasar G adalah sbb:
Nada dasar C (do=C)

Nada dasar G (do=G)
C
=
G
F
=
C
G
=
D
Am
=
Em
Dm
=
Am
E
=
B
G7
=
D7
Em
=
Bm

Maka chord contoh lagu diatas akan berubah menjadi sbb:
Chord dan lirik Wali Baik baik sayang

Do = G

Intro  Em Bm C G C G D

G         Bm     Em         Bm
Aku tak ingin kau menangis bersedih
  C        G      D
Sudahi air mata darimu
G         Bm    Em        Bm
Yang aku ingin arti hadir diriku
    C           G      D
kan menghapus dukamu sayang

       C   D     G         Em
Karena bagiku kau kehormatanku
      Am           D
Dengarkan dengakan aku

Chorus
  Em          Bm    C          G
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  C         G        Am      D
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Em         Bm     C           G
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  C         G          Am      D
Baik baik sayang karna aku untukmu


G         Bm    Em       Bm
Semua keinginan akan aku lakukan
  C         G      D
Sekuat semampuku sayang
     
       C   D      G         Em
Karena bagiku kau kehormatanku
      Am           D
Dengarkan dengakan aku

Chorus
  Em          Bm    C          G
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  C         G        Am      D
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Em         Bm     C           G
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  C         G          Am      D
Baik baik sayang karna aku untukmu

Interlude Em C D G
            Em C D

Chorus
  Em          Bm    C          G
Hanya satu pintaku untukmu dan hidupmu
  C         G        Am      D
Baik baik sayang ada aku untukmu
  Em         Bm     C           G
Hanya satu pintaku di siang dan malammu
  C         G          Am      D
Baik baik sayang karna aku untukmu

Outro  G

Selesai ......, Sekarang anda sudah bisa mengiringi penyanyi kelas amatir dengan berbagai nada dasar, tapi perpindahan nada dasar harus cepat alias hapal, dengan pengertian diatas, anda bisa menghapal berbagai lingkaran chord dengan berbagai nada dasar.
Tips: Banyak berlatih dan berlatih karena kepandaian anda ber gitar adalah tergantung pada jam terbang anda bermain gitar.
Loh mas itu tadi ada chord yang belum dikenal .......

Loh jangan khawatir, perhatikan dan hapalkan chord chord berikut ini.



Selasai ……………………………………..

Masih bersambung gak yak......, ya masih lah , masih ada sambungannya kok, cuma materinya lebih detil .... tapi kapan kapan ya hehehe

JJJ

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih udah berkunjung.